SOLO-JOGJA JAUH DI MATA DEKAT DI HATI

24-25 Januari 2009

 

Kereta prameks warna kuning cerah memasuki stasiun purwosari sekitar pukul 17.10 seperti perkiraan. Sementara di pintu gerbang kurang lebih 15 onthelis Sepeda onthel Lawas Solo [SOLO] telah menunggu kurang lebih setengah jam lalu. Tapi truk yang membawa sepeda-sepeda teman PODJOK belum juga datang. Semacam reuni kecil yang hangat dan santai, meskipun tanpa kursi dan meja.

Truk berisi sekitar 30an sepeda datang juga di Purwosari. Setelah semua sepeda diturunkan dan siap di atas onthel masing-masing dan sedikit salam selamat datang dari SOLO. sesuai rencana semula kita akan start ngonthel di Solo dari Purwosari ke beberapa titik sepanjang Jalan Slamet Ryadi yang terbentang kurang lebih 5km.

Gerimis agak sedikit membuat kulit mulai mengkerut. Tetap saja mencoba mengikuti rencana awal, Kita mulai mengayuh sepeda selepas adzan Magrib disuarakan. Dan gerimis berubah jadi hujan, semetara waktu Magrib nyaris berlalu. Dan rencana semula untuk singgah ke Taman Sriwedari di alihkan ke masjid Tiga serangkai, karena hujan yang semakin deras.

 

Agak lama menunggu, hujan tidak berhenti juga. Kita putuskan mengayuh sepeda di bawah rintik hujan, basahlah semua. Tujuan kami adalah wedangan angkringan di dekat pasar Kadipolo, dan ini juga karena hujan terlalu deras untuk menembus sampai Gladag. Meskipun ada beberapa kelompok yang terpecah karena hujan, akhirnya kita mengayuh sepeda bersama setelah semua peserta merasa cukup dengan wedangan. Dan singgah terakhir kita di depan Balaikota. tak kurang dari 150 sepeda tumpah di halaman Balaikota Solo. Semua onthelis dari PODJOK, KOBA, Mbah Klunthung dari Madiun, Pak Nugroho dari Batam, kota Solo dan sekitarnya.

Dihangatkan suasana dengan saling berkenalan, pembagian cendera mata, dan obrolan bermacam topik, dengan latar Pasar Gede yang dihias lampion mengingat esok Senin adalah hari tahun baru Imlek. Semakin menghangatkan saja.

Pukul 22.00 lewat, semua merasa cukup dan kita semua pun berangkat ke penginapan di Dawung wetan. Tapi tetap saja kita keliling Solo sebelum ke penginapan dengan mengayuh sepeda bersama.

 

Lelah, dan mata masih saja sulit terpejam meski malam larut.

 

Pagi pukul 06.30 semua yang berangkat dari rumah singgah siap berangkat ke Manahan. Dan peserta lainnya yang tidak berangkat dari Dawung wetan langsung menuju ke Mahanan.

Lebih banyak dari semalam, peserta menikmati hidangan khas Solo dan tembang Jawa dengan alunan siter. ehmmmmm aromanya kental sekali. Obyek selanjutnya Taman Balekambang di belakang Manahan, sambutan gerbang tinggi megah dan pepohonan asri, kolam luas, serta loncatan lincah menjangan di taman Balekambang. Tak sedikit gurauan yang memanggil menjangan di taman dengan sebutan Gazelle.

Kembali mengayuh menuju Taman kota Monumen 45 Banjarsari yang semula adalah Villa Park Belanda yang terletak di dekat Stasiun Balapan Solo, Pasar Legi, Mangkunegaran, Kestalan dan Stabelan. Tempat yang sangat erat kaitan dalam perjalanan sejarah di kota Solo ini.

 

Keraton Solo menjadi tujuan terakhir perjalanan ngonthel bareng di Solo. Dengan foto dan menyanyikan Bengawan Solo bersama sebagai salam perpisahan kami. Sampai ketemu lagi teman-teman onthelis semua, di Solo atau di manapun.

4 Responses to SOLO-JOGJA JAUH DI MATA DEKAT DI HATI

  1. Rahman Contry says:

    Salam untuk Solo semoga tetap solid

  2. setiaji says:

    terima kasih boewat tmn2 onthel SOLO yang telah bekerja keras menyiapkan acara ini,,,smoga kedepannya smakin maju & masih tetap guyub

  3. Kawulo Alit says:

    Salam juga untuk Podjok yang sudah main ke Solo🙂

  4. limin says:

    RA SANGAR!!!! MOSOK JOGJA-SOLO DI TUMPAKKE TREK!!! PALING DI KAYUH CUMA 4JAM!!!! BUKAN ONTELIS SEJATI………

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: