Penggemar Sepeda Onthel Bogor Konvoi

Bogor, Selasa–Setelah dipamerkan di Gelanggang Olah Raga (GOR) Pajajaran, Kota Bogor, Minggu (27/5), masih dalam rangkaian hari ulang tahun (HUT) atau Hari Jadi Bogor (HJB) ke 525 tahun 2007, ratusan sepeda “onthel”, yakni sepeda berusia lama, yang tahun pembuatannya mulai 1800 hingga 1960, akan mewarnai jalanan di Kota Bogor pada puncak hari “H” pada 3 Juni 2007.

Jurubicara Kantor Dinas Informasi, Kepariwisataan dan Kebudayaan Kota Bogor, Yamin M Saleh di Bogor, Selasa menjelaskan bahwa para penggemar sepeda “onthel” itu, rencananya pada 3 Juni nanti akan melakukan konvoi keliling di jalan-jalan utama, sehingga mengesankan suasana “tempoe doeloe”.

Ia menjelaskan, selain memamerkan sepeda, para penggemar sepeda kuno itu, dalam menyambut HJB ke-525 akan melakukan konvoi dengan rute yang sudah dirancang.

Rute itu adalah diawali di depan Tugu Kujang melalui Jalan Pajajaran, Warung Jambu, Jalan Ahmad Yani, Jalan Sudirman, Jalan Ir Juanda, Jalan Suryakencana kembali ke Jalan Pajajaran dan berakhir di lokasi semula, yakni Tugu Kujang.

“Tentu kita harapkan acara-acara semacam ini akan menggarirahkan kembali dunia pariwisata di Kota Bogor dengan nuasana ’tempoe doeloe’,” kata Yamin M Saleh.

Sementara itu, Ketua Buitenzorg Onthel Club (BOC) Nasti menjelaskan bahwa kegiatan pameran, juga diikuti para penggemar sepeda “lawas’ dari POI (Persatuan Onthel Indonesia).

Dalam pameran dimaksud, tidak kurang 110 sepeda onthel buatan tahun 1800-an hingga tahun 1960-an ditampilkan. Harga sepeda-sepeda tua itu, saat ini harganys berkisar antara Rp2 juta hingga Rp20 juta.

Sepeda yang dipamerkan di antaranya buatan Belanda, Jerman, Inggis dengan jenis sepeda “Harley Davidson”, “Gezele”, “Reality”, “Solingen”, “Simplex”, “Torpedo”, dan “Fonggers”.

“Semua sepeda yang dipamerkan merupakan milik penggemar sepeda kuno atau antik yang tergabung dalam Kelompok BOC dan POI,” katanya.

Penggemar sepeda onthel, kata dia, tersebar di wilayah Jabodetabek (Jakarta, Bogor Tangerang, Depok Dan Bekasi). Dalam konvoi nanti selain diikuti anggota BOC, juga akan diikuti oleh para penggemar sepeda yang tergabung dalam Komunitas Onthel Batavia (Koba) yang anggotanya dari Jakarta, Bekasi, Tangerang dan Depok.

Ia menambahkan, partisipasi para penggemar sepeda kuno memeriahkan HJB ke525, sekaligus sebagai wujud dukungan terhadap kebjiakan pemerintah dalam penghematan energi.

Menurut dia, Walikota Bogor, Diani Budiarto belum lama ini berada di Kyoto, Jepang dan ke Markas Besar PBB New York Amerika Serikat untuk melakukan paparan soal lingkungan hidup, termasuk soal bagaimana mengurangi dampak pemanasan global.

“Nah, kami sebagai warga Bogor menunggu impelementasi dari paparan yang dilakukan Walikota Bogor yang peduli terhadap lingkungan, dan salah satunya adalah upaya penghematan energi itu,” katanya.

Nasti mengatakan, sepeda adalah kendaraan yang bebas polusi sehingga langkah penghematan energi dapat dilakukan dengan sarana itu. “Dengan berkendaraan sepeda di samping menyehatkan badan juga menghemat energi,” katanya.

http://www2.kompas.com/ver1/negeriku/0705/29/190416.htm

Selasa, 29 Mei 2007 – 19:04 wib

3 Responses to Penggemar Sepeda Onthel Bogor Konvoi

  1. masefif says:

    maaf.. bukan 30 juta tapi mulai penawaran 20 juta

  2. Rita N Roosly says:

    Boleh tanya ngga? Dimana saya bisa sepeda onthel utk daerah Bogor? trimakasih

  3. solokomunitas says:

    coba disearch dengan kata kunci ONCOM Bogor, ato Bp. H Iswartono

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: