ketentuan ketinggian frame sepeda

sebelum kita memilih sepeda kita, ada baiknya kita kita juga mempertimbangkan ketinggian tinggi badan sepeda kita, atau umur anak kita yangakan kita beri sepeda.  karena tentu saja ini juga ada pengaruhnya terhadap kenyamanan, serta keamanan dalam mengendarai bersepeda.

Berikut adalah kutipan mengenai patokan yang bisa dipakai untuk memeilih ukuran frame sepeda yang tepat bagi kita:

Damesfietsen (sepeda cewek)

Tinggi badan Tinggi rangka

< 1.73 m 53/54 cm

> 1.73 56/57 cm

Herenfietsen (sepeda cowok)

Tinggi badan Tinggi rangka

< 1.84 m 56/57 cm

> 1.84 m 60/61 cm

Kinderfietsen (sepeda anak)

Usia anak Tinggi rangka

3-4 tahun 12 inch

5-6 tahun 20 inch

7-8 tahun 24 inch

9-11 tahun 26 inch

Sport- en Touringfietsen

Tinggi badan Tinggi rangka

155-165 cm 16-17 inch

165-170 cm 17 inch

170-175 cm 17-19 inch

175-180 cm 19-21 inch

180-185 cm 21 inch

185-190 cm 21 – 23 inch

190-195 cm 23 inch

195 – 200cm 24 inch

Moutainbikes (sepeda gunung)

Tinggi badan Tinggi rangka

155-165 cm 14-15 inch

165-170 cm 15-16 inch

170-175 cm 16-17 inch

175-180 cm 17-18 inch

180-185 cm 18-19 inch

185-190 cm 19-21 inch

190-195 cm 21-22 inch

195 – 200cm 22-23 inch

Bij een ATB fiets en een fiets met verende zadelpen moet u altijd kiezen voor een ca 4cm lager frame!

Trekkingbikes

Tinggi badan Tinggi rangka

155-165 cm 47-50 cm

165-170 cm 50-52 cm

170-175 cm 52-55 cm

175-180 cm 55-58 cm

180-185 cm 58-61 cm

185-190 cm 61-63 cm

190-195 cm 63-66 cm

195 – 200cm 66 – Maatwerk

Racefietsen (sepeda balap)

Tinggi badan Tinggi rangka

155-165 cm 48-51 cm

165-170 cm 51-53 cm

170-175 cm 53-55 cm

175-180 cm 55-57 cm

180-185 cm 57-60 cm

185-190 cm 60-62 cm

190-195 cm 62-64 cm

195 – 200cm 64 – Maatwerk

Triathlonfietsen (sepeda triathlon)

Tinggi badan Tinggi rangka

155-165 cm 46-48 cm

165-170 cm 48-50 cm

170-175 cm 50-52 cm

175-180 cm 52-55 cm

180-185 cm 55-56 cm

185-190 cm 57-60 cm

190-195 cm 60-62 cm

195 – 200cm 62 – Maatwerk

Damesfietsen (sepeda cewek)
Tinggi badan Tinggi rangka
< 1.73 m 53/54 cm
> 1.73 56/57 cm
Herenfietsen (sepeda cowok)
Tinggi badan Tinggi rangka
< 1.84 m 56/57 cm
> 1.84 m 60/61 cm
Kinderfietsen (sepeda anak)
Usia anak Tinggi rangka
3-4 tahun 12 inch
5-6 tahun 20 inch
7-8 tahun 24 inch
9-11 tahun 26 inch
Sport- en Touringfietsen
Tinggi badan Tinggi rangka
155-165 cm 16-17 inch
165-170 cm 17 inch
170-175 cm 17-19 inch
175-180 cm 19-21 inch
180-185 cm 21 inch
185-190 cm 21 – 23 inch
190-195 cm 23 inch
195 – 200cm 24 inch
Moutainbikes
Tinggi badan Tinggi rangka
155-165 cm 14-15 inch
165-170 cm 15-16 inch
170-175 cm 16-17 inch
175-180 cm 17-18 inch
180-185 cm 18-19 inch
185-190 cm 19-21 inch
190-195 cm 21-22 inch
195 – 200cm 22-23 inch
Bij een ATB fiets en een fiets met verende zadelpen moet u altijd kiezen voor een ca 4cm lager frame!
Trekkingbikes
Tinggi badan Tinggi rangka
155-165 cm 47-50 cm
165-170 cm 50-52 cm
170-175 cm 52-55 cm
175-180 cm 55-58 cm
180-185 cm 58-61 cm
185-190 cm 61-63 cm
190-195 cm 63-66 cm
195 – 200cm 66 – Maatwerk
Racefietsen (sepeda balap)
Tinggi badan Tinggi rangka
155-165 cm 48-51 cm
165-170 cm 51-53 cm
170-175 cm 53-55 cm
175-180 cm 55-57 cm
180-185 cm 57-60 cm
185-190 cm 60-62 cm
190-195 cm 62-64 cm
195 – 200cm 64 – Maatwerk
Triathlonfietsen (sepeda triathlon)
Tinggi badan Tinggi rangka
155-165 cm 46-48 cm
165-170 cm 48-50 cm
170-175 cm 50-52 cm
175-180 cm 52-55 cm
180-185 cm 55-56 cm
185-190 cm 57-60 cm
190-195 cm 60-62 cm
195 – 200cm 62 – Maatwerk

sumber : http://www.fietsgigant.com/framehoogte.php/

12 Responses to ketentuan ketinggian frame sepeda

  1. sahidnugroho says:

    Memang secara umum, kalau orang Indonesia akan lebih baik menggunakan frame 55-57 cm atau 22 inchi. Tetapi kadang-kadang ada pertimbangan atau mitos bahwa sepeda lebih tinggi akan tampak lebih gagah, sehingga kita memaksakan diri meskipun kalau sedang berhenti di setopan jalan, terasa merepotkan he..he..he..

  2. MTB says:

    iya, kadang2 kita yg tinggi badan rata2 160 cm gak nyadar,

    maunya nyari sepeda size 28 inch minimal. klo andre koopman, boleh lah….wong tingginya 190 cm.

    klo kita, cape deeechh…….

  3. den bagus PODJOK says:

    Terkadang kita menjumpai sepeda tua yg tadinya berukuran 24, tetapi dipotong mjd ukuran 22 krn ketinggian. Shg skrg ukuran 24 mjd langka dan diburu kolektor. Disamping itu memang ukuran 24 terlihat lebih gagah.

  4. dian SOLO says:

    lha saya sendiri dgn tinggi badan 165 aj klo jarak jauh msh milih heren frame 24 pak..dgn alasan ga cpet capek..tp skg lg gandrung dames yg rata2 lbh pendek..
    Tp ada cerita agak aneh. Slama sbulan kmren a tmen dr belanda yg maen d solo..dan sy ber kesempatan ngantar pit2an..yg bikin aneh dia justru milih frame 22 pdhl tingginya 190cm-an..
    Yah…namanya jg selera..smoga aman d jalan saja bt smua…

  5. wongeres says:

    Hehe… Function & fashion memang sebuah pilihan. Tapi selalu ada jalan tengah kok. Teman saya yang termasuk berbadan tinggi suka pakai heren 22/55 tapi ancer sadelnya ditinggikan sampai batas kenyamanan dia. Saya sendiri suka pakai heren 24/60 dengan ancer sadel model L yang diatur sedemikian sehingga sadelnya tidak terlalu tinggi.

  6. Ronny SOLO says:

    Yang jadi masalah semakin tinggi sepeda, semakin tinggi pula harganya. Banyak orang mengatakan ” sayang rorikuran”, Wah …. rasido payu. Koyo humber ku.

  7. lasmany says:

    Kalau saya pribadi awalnya gak suka dengan sepeda Heren, karena tumpuan kekuatan tangan menjadi penyangga berat body, makanya cepet capai, akhirnya speda laki tak kumianti lagi. Namun kalau untuk jarak jauh untuk tingkat kenyamanan memang enakan sepeda Heren, tapi kalau mau nyantai ya pake Dameslah kedua lengan tidak menahan beban berat badan…selamat mencoba.

  8. dian@SOLO says:

    kisah ms lasmany kok nyaris sama dengan yang kurasakan yah..hehehehe

  9. pandu hw says:

    mas Dian, sepeda yang mas kirim tinggine 24″.palng je mas.emang sih mas,klo pas setopan rada kagok.tp o nak masalh.lah gagahe itu loh.bikin ngiri orang.
    thanks atas sepedanya mas

  10. solokomunitas says:

    @pandu, kangen banget sepedaan bareng seperti waktu kita masih kecil mas….

  11. udin-GASELLASA says:

    Paling enak sepeda Duwur… Pandangannyaa jauh kedepan and banyak yg nyindir….. Po ora kurang duwur kui sepeda e…. iku sepeda po cagak listrik… he..he..he… Klo macet di jalan yoo golek sendenan.. paling enak senden mobil Sedan. sing nyetir uuaayu pisan.. weehhhhh tombo ngantuuk…… tombo ngantuk….

  12. Teddy says:

    memang ukuran 24″ terlihat lebih gagah. 60/61 cm tinggi rangka / batangan atasnya.dipakainya nyaman dan stabil,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: