kliping berita, De Oude Fiets

[01]
Komunitas sepada tua kagumi Solo
24 Juli 2011

http://www.soloposfm.com/2011/07/komunitas-sepada-tua-kagumi-solo/

Solo [SPFM], Sejumlah pemerhati, kolektor dan peneliti sepeda tua dari Belanda, mengaku cukup antusias dengan keberadaan komunitas sepeda tua di Solo, yang justru digerakkan oleh kalangan muda. Hal tersebut diungkapkan oleh salah seorang kolektor sepeda tua yang juga tergabung dalam KITLV-Royal Netherlands Institue  dan Club  de Oude Fiets Belanda, Piet Munsters, di sela kegiatan Heritage Strack berkeliling Solo, Minggu (24/7). Menurut Piet, kondisi ini jauh berbeda dengan Belanda, dimana yang menyukai sepeda tua hanyalah mereka dari kalangan yang sudah tua. Piet menambahkan, semangat generasi muda Solo ini patut dicontoh negara lain. Sebab kecintaan terhadap sepeda, berarti kecintaan terhadap sejarah dan budaya bangsa. Dalam kesempatan ini, Piet juga cukup terkesan dengan keberadaan sepeda tua Gazelle yang ada di Indonesia, yang terbilang unik sebab dibuat sekitar tahun 1910.

Piet bersama tiga rekannya mengunjungi Solo selama 2 hari sejak kemarin, dalam rangkaian roadshow peringatan 116 tahun hadirnya sepeda di Indonesia. Kegiatan yang digagas Komunitas Sepeda Tua Indonesia (Kosti)  bekerja sama dengan Cultural & Development, Kedutaan Besar Belanda, KITLV-Royal Netherlands Institue, club  de Oude Fiets Belanda ini, selain seminar juga digelar studi literasi sepeda, sarasehan hingga pameran foto, di Balai Soedjatmoko.[SPFM/dev]

[02]
Sepeda Onthel

empat tamu istimewa bagi onthelis Indonesia

JIBI/SOLOPOS/Dwi Prasetya
SEPEDA ONTHEL- Sejumlah turis asing [duta budaya sepeda dari Belanda] mengendarai sepeda onthel di halaman Museum Radya Pustaka Solo, Minggu (24/7/2011). Dalam rangka ulang tahun komunitas Sepeda Onthel Lawas Solo, digelar acara penjelajahan ke sejumlah tempat penting di Solo dengan mengendarai sepeda.

http://www.solopos.com/2011/feature/sepeda-onthel-108434

[03]
Nostalgia Sepeda Onthel

Pameran sepeda kuno dibuka di Surakarta 23-24 Juli 2011. Pameran ini mengobati kangen para pencinta sepeda ontel produksi tahun 1930 sampai 1970.
  • Fajar Sodiq / Angga Haksoro
  • 23 Juli 2011

VHRmedia, Surakarta – Sekitar 30-an sepeda kuno buatan tahun 1930 sampai 1970 dipamerkan dalam “De Oude Fiets: Peringatan 116 Tahun Budaya Bersepeda Mewarnai Indonesia” di Balai Soedjatmoko, Surakarta.

Panitia pameran Alvin Agung mengatakan, sepeda lekat dengan perjalanan sejarah Indonesia. “Pameran ini sebagai pembelajaran kepada masyarakarat agar sepeda juga bisa membudaya. Sepeda juga lekat dengan isu global warming,”kata Alvin Agung, Sabtu (23/7).

”Ada beberapa karya foto yang merupakan koleksi dari KITLV-Royal Netherlands Institute yang ikut dipamerkan. Misalnya, foto Presiden Soekarno yang naik sepeda ontel saat mobilnya rusak pada kunjungan ke Belanda tahun 1951. Ada juga foto ketika pertama kali sepeda ontel masuk ke Indonesia,” kata Alvin.

Menurut Ketua Komunitas Sepeda Onthel Lawas Solo (SOLO), Dian ABS, beberapa komunitas mulai melirik peluang wisata sepeda kuno. Besok mereka merencanakan wisata perjalanan jalur haritage Surakarta. “Hadir dalam acara ini 4 duta kebudayaan dari Belanda yang merupakan ahli sepeda tua,” ujar Dian.

Komunitas yang terlibat dalam pameran ini adalah Komunitas Sepeda Tua Indonesia (KOSTI), Cultural & Development -Kedutaan Besar Belanda, KITLV-Royal Netherlands Institue, Club  de Oude Fiets Belanda, dan Komunitas Sepeda Onthel Lawas Solo (SOLO). (E1)

Foto: VHRmedia/Fajar Sodiq

http://m.vhrmedia.com/detailmobile.php?.e=3519

2 Responses to kliping berita, De Oude Fiets

  1. iwan hatta says:

    Selamat ulang tahun buat SOLO and sukses acara pameran dan touring heritage nya salam buat mas dian..salam onthel..

  2. dian@SOLO says:

    ok mas iwan hatta… dah lama ga ketemu jenengan… kangen juga ee..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: